Monday, 2 July 2012 0 Comments

Festival Danau Lindu III 2012


Sejak dilaksanakan untuk pertama kalinya di tahun 2009 yang lalu, Festival Danau Lindu telah menjadi program tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sigi yang melibatkan seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Sigi. Setelah sempat tertunda pelaksanaannya di tahun 2011 yang lalu akibat bencana yang melanda Kecamatan Kulawi, pada tahun 2012 ini, Festival Danau Lindu kembali digelar. Festival yang melibatkan 15 kecamatan ini  adalah bagian dari tugas pemerintah untuk menjadi fasilitator dan regulator bagi tumbuh serta berkembangnya kebudayaan dan industri pariwisata di Kabupaten Sigi.


Kabupaten Sigi pada tanggal 24 Juni 2012 ini tepat berusia empat tahun, walau masih berusia sangat muda namun kabupaten ini mewarisi salah satu kebudayaan tertua di Pulau Sulawesi serta memiliki keaneka-ragaman hayati yang unik dan khas. Hal itulah yang menjadi inspirasi bagi pelaksanaan Festival Danau Lindu. Event ini juga dimaksudkan untuk memajukan kebudayaan dan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara, mengembalikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur budayanya sendiri melalui media seni pertunjukan, pameran, dan berbagai kegiatan budaya lainnya. Festival ini diharapkan menjadi media dan ruang kreatif bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Sigi untuk mengekspresikan potensi estetika dari adat istiadat dan budaya yang mereka miliki, menjadi bagian dari pendidikan kultural dan tontonan apresiatif serta memacu pertumbuhan ekonomi ditengah masyarakat. Hal ini dengan Visi Kabupaten Sigi dalam lima tahun kedepan yaitu “Mewujudkan Kabupaten Sigi yang berbudaya dan beradat serta unggul dalam memanfaatkan potensi sumber daya menuju kabupaten terdepan”.
Keindahan Danau Lindu yang merupakan bagian dari kawasan konservasi Taman Nasional Lore Lindu sejak tahun 1977 telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfer Dunia. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar pemikiran pelaksanaan Festival Danau Lindu III 2012 sehingga menerapkan konsep “environmental event” atau festival yang berwawasan lingkungan sebagai konsep manajemen festival yang disesuaikan dengan karateristik Kawasan Danau Lindu dan Kabupaten Sigi. Rujukan konsep event ini sejalan dengan rencana pengembangan pariwisata di Kabupate Sigi yaitu Community Base Tourism. Konsep ini diharapkan dapat menjadi lokomotif pembangunan sektor pariwisata pada khususnya dan secara umum pada semua sektor pembangunan di Kabupaten Sigi.
Dalam pelaksanaan Festival Danau Lindu III 2012 ini, secara simbolis juga akan dimulai sebuah kampanye internasional yang bertajuk Lindu For World Heritage untuk mendorong kawasan Lindu menjadi warisan dunia. Pada pelaksanaannya kali ini, Festival Danau Lindu juga masih mempertahankan pendekatan tematik, sebuah pendekatan dimana semua bentuk kegiatan yang ada dalam event ini diupayakan mengarah pada satu tema sentral yaitu “Warisan Kultural dan Konservasi Lingkungan”. Pendekatan tematik ini juga lebih menekankan pada ekspose keragaman seni tradisi masyarakat adat dan perkembangan seni pertunjukan sebagai sarana pendidikan kebudayaan dan lingkungan hidup bagi masyarakat. Pendekatan tematik tersebut juga tercermin dalam materi kegiatan yang disajikan dalam Festival Danau Lindu III tahun 2012 yang akan dilaksanakan pada tanggal 12, 13, 14 Juli 2012 ini,  antara lain :
§  Pertunjukan Masyarakat Adat
§  Seni Pertunjukan Bertema Lingkungan
§  Pertunjukan Sastra Lisan Bertema Lingkungan
§  Pergelaran Musik Bambu
§  Pemilihan Putri Wisata Danau Lindu 2011

Kegiatan lainnya yang menjadi bagian dan pendukung bagi pelaksanaan Festival Danau Lindu III 2012 kali ini antara lain :

§  Pertunjukan Karya Environtmental Installation
§  Pameran Budaya dan Pariwisata
§  Workshop Seni Pertunjukan
§  Lomba Fotografi Wisata Danau Lindu
§  Lomba Memancing Danau Lindu
§  Lomba dan Eksebisi Permainan Tradisional
§  Lomba Perahu Tradisional
§  Lindu Trail Motorcycle Touring
§  Lomba Tapak Lore Lindu 2012

Dukungan, partisipasi dan kerjasama yang baik dari semua pihak sangat dibutuhkan demi kesuksesan penyelenggaraan event ini.


 
Arts Blogs
blog directory
;