Tuesday, 13 March 2012 0 Comments

Koleksi Masterpieces Museum Sulawesi Tengah

1. Kain Tenun Donggala 
Kain tenun ikat Donggala termasuk salah satu kelompok tenun ikat  pakan Indonesia.  Dalam  penerapan  pola  hiasannya  yang  lebih  dulu  dikenal  pada zaman prasejarah, ini terlihat dari hiasan kain tenun ikat lungsi, dimana hiasan geometris itu mempunyai unsur persamaan dengan hiasan-hiasan  nekara pada perunggu bagi kebudayaan Dongsong. Kain Tenun Donggala ini menggunakan teknik dobel ikat, pakan dan lungsi. Motif yang terdapat pada koleksi ini adalah motif kotak yang mengandung makna saling memegang keutuhan dan kebersamaan. Digunakan pada upacara perkawinan adat dan hari – hari besar keagamaan.


2. Kain Kulit Kayu 
Pakaian kulit kayu adalah sejenis kertas yang terbuat dari kulit pohon Nunu (beringin) dan kulit kayu Ivo yang diproses secara tradisional, sehingga menghasilkan pakaian yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari dan pakaian pesta atau juga digunakan pada upacara adat. Dengan teknik pembuatan  dipukul  menggunakan  batu  ike. Motif terdapat pada  koleksi  ini  adalah  tanduk, tumpal,  bunga  dan  belah ketupat yang mengandung makna keberanian, kebangsawanan, keramahtamahan dan persatuan yang kokoh. Beberapa barang jadi dari kain kulit kayu seperti: Blus (halili), Celana (Vevo), Destar (Siga) danSelimut(Vuya).


3. Patung Palindo 
Arca Menhir Palindo terdapat di Situs Padang Sepe Lembah Bada.  Oleh masyarakat yang bermukim di sekitar situs menyebutnya Patung Palindo (penghibur) atau perwujudan Nenek Moyang mereka sebagai seorang pahlawan yang bernama Tosalogi. Dikisahkan bahwa Tosalagi memimpin rakyat Bada berperang melawan orang dari Masamba. Arca ini ditemukan dalam keadaan miring sekitar 30o dan berukuran tinggi 400 cm.  pada  arca  dipahat  bentuk muka manusia memakai ikat kepala (pekabalu), mata bulat melotot, tangan mengarah ke phallus yang menonjol, serta tanpa kaki.Sebagai tempat upacara menjelang menanam padi dan setelah panen.


4. Taiganja 
Terbuat dari perunggu yang ditempa menyerupai kepala kerbau yang bagian tengahnya terdapat celah sempit menyerupai alat kelamin wanita dan bagian sisi muka dan belakang terdapat hiasan. Motif hiasan yang terdapat pada benda ini melambangkan kesuburan, kemakmuran, keteguhan  memegang  aturan  adat  istiadat.  Digunakan pada upacara perkawinan sebagai mahar dan juga sebagai bekal kubur.





5. Fosil Gajah 
Fosil rahang Gajah ini merupakan pembuktian keberadaan Gajah Purba (Stegodon) yang hidup kira-kira 1,9 juta tahun yang silam di wilayah Napu Kecamatan Lore, Kabupaten Poso. Fosil rahang Gajah ditemukan oleh K. Gerosi petani Desa Betue Kec. Lore Utara pada tahun 1991.









MUSEUM SULAWESI TENGAH
Address : Kemiri Street No. 23 Palu, Central Sulawesi - Indonesia | ZIP. 94223 | Phone : +62-451-422290 | Fax : +62-451-453214 | Email : museum.sulteng@gmail.com

Saturday, 3 March 2012 7 Comments

Teater Spontan SMAN 1 Palu, Peserta Festival Drama Pelajar Nasional 2012

Teater Spontan merupakan salah satu wadah Siswa - Siswi SMAN 1 Palu yang mencoba menggali kreatifitas dalam bidang Seni khususnya Seni Teater dan selalu berkeinginan untuk berproses dalam kerja kesenian dengan terus menciptakan karya-karya yang tidak hanya mengandalkan atau mengutamakan sisi kuantitas saja, namun juga lebih mengutamakan kualitas dengan ide - ide yang Kreatif, Inovatif, Dinamis, serta Bertanggung Jawab. Dengan kerjasama, ketekunan, kedisiplinan dalan berproses yang dilakukan oleh Teater Spontan, tak heran jika banyak prestasi yang telah diraih dan beberapa event - event Nasional yang pernah diikuti. Salah satunya pada tahun 2010, tepatnya tanggal 10 Mei Teater Spontan Mendapatkan Kesempatan untuk berpatisipasi dalam Festival Drama Pelajar Tingkat Nasional Di Semarang, Jawa Tengah. Lawan Catur karya “Kenneth Sawyer Goodman” merupakan pilihan naskah yang ditampilkan pada festival tersebut, disutradarai oleh Toto Kope dan Penata Musik Mohammad Izat Gunawan. Sebuah Penampilan yang cukup menarik perhatian para Juri dan para Perserta di beberapa daerah Indonesia dalam event tersebut. Alhamdulillah Dalam kesempatan itulah, Teater Spontan meraih 5 nominasi, diantaranya adalah : Nominasi Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Pembantu Aktris Terbaik, Artistik Terbaik, Dan Aktris Terbaik. Tidak hanya itu, setelah pementasan di Semarang, Teater Spontan diajak kembali untuk mementaskan naskah tersebut tepatnya di ISI (Institut Seni Indonesia) Jogjakarta dan mendapatkan apresiasi yang sangat baik saat itu. 
Lawan Catur - Teater Spontan SMAN 1 Palu - Festival Drama Pelajar Nasional 10 Mei 2010 - Semarang
Lawan Catur - Teater Spontan SMAN 1 Palu - Festival Drama Pelajar Nasional 10 Mei 2010 - Semarang
Dan Tahun ini, Teater SPONTAN SMAN 1 Palu kembali mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi pada FESTIVAL DRAMA PELAJAR TINGKAT NASIONAL 2012 yang akan diselenggarakan pada Bulan Mei yang diadakan oleh Teater Gema IKIP PGRI Di Kota Semarang, Jawa Tengah. Teater Gema adalah unit kegiatan mahasiswa yang lahir dilingkungan kampus tersebut yang berdiri pada tahun 1987 dengan beberapa event yang selalu konsisten mereka selenggarakan, salah satunya FDPN ini.

“Dalam menjaga hubungan perkawinan, maka pasangan suami istri harus selalu menjaga kemesraan diantara mereka agar hubungan akan terus terjaga kebahagiannya dan dapat mempertahankan perkawinan sampai usia tua ; Dalam hidup ini bagaikan roda yang berputar. Kadang – kadang kita berada diatas, kadang – kadang pula kita bisa berada dibawah. Oleh karena itu, jika kita berada diatas maka perhatikanlah orang – orang yang ada dibawahmu, janganlah ber-onani sendiri”

 Kali ini, “Sepasang Merpati Tua” Karya Bakdi Soemanto merupakan pilihan naskah yang akan ditampilkan oleh Teater Spontan SMAN 1 Palu pada kesempatan tersebut dan disutradarai Oleh Ipin Cevin. Inilah beberapa peserta dari daerah lain yang sudah terdaftar dalam FDPN 2012 ini :

JAWA TENGAH
SMKN 2 Semarang (Teater Sukma)
SMKF NUSAPUTERA 2 Semarang ( Teater Insomnia)
SMK Duta Karya Kudus (Teater Apotek)
MAN Kendal (Teater Stesa)
SMA PIUS Purworejo
SMA N 1 Jepara (Teater Biassukma)
SMAN 15 Semarang (Teater Of Dream)
SMA MA’ARIF NU Banyumas (teater masa)
SMA N 1 Kliron Kebumen
Jawa Timur
SMA Muhammadiyah Gresik (Teater Extra)
SMAN 1 Kebomas Gresik (Teater Biru)
MA Unggulan Niatul Udzma Surabaya (Teater Satu)
Jawa Barat
SMAN 1 Leuwilang Bogor (Teater Gading)
Bali
SMAN 1 Denpasar (Teater Angin)
SMA Lab. Univ. Pend. Ganesha Singaraja (Teater Ilalang)
Nusa Tenggara Barat
SMAN 1 Mataram (Teater Smansa)
Kalimantan Barat
SMKN 3 Pontianak

Sulawesi Utara
SMAN 6 Manado
SMAN 4 Manado
SMA EBEN HAEZAR Manado
Minahasa Tenggara
SMAN 1 Tombatu
Gorontalo
SMAN 2 Limboto
Banjarmasin
MAN 2 MODEL BANJARMASIN (Tunas Banua)
PALU
SMA N 1 Palu (Teater Spontan)

 
Arts Blogs
blog directory
;