Saturday, 3 March 2012

Teater Spontan SMAN 1 Palu, Peserta Festival Drama Pelajar Nasional 2012

Teater Spontan merupakan salah satu wadah Siswa - Siswi SMAN 1 Palu yang mencoba menggali kreatifitas dalam bidang Seni khususnya Seni Teater dan selalu berkeinginan untuk berproses dalam kerja kesenian dengan terus menciptakan karya-karya yang tidak hanya mengandalkan atau mengutamakan sisi kuantitas saja, namun juga lebih mengutamakan kualitas dengan ide - ide yang Kreatif, Inovatif, Dinamis, serta Bertanggung Jawab. Dengan kerjasama, ketekunan, kedisiplinan dalan berproses yang dilakukan oleh Teater Spontan, tak heran jika banyak prestasi yang telah diraih dan beberapa event - event Nasional yang pernah diikuti. Salah satunya pada tahun 2010, tepatnya tanggal 10 Mei Teater Spontan Mendapatkan Kesempatan untuk berpatisipasi dalam Festival Drama Pelajar Tingkat Nasional Di Semarang, Jawa Tengah. Lawan Catur karya “Kenneth Sawyer Goodman” merupakan pilihan naskah yang ditampilkan pada festival tersebut, disutradarai oleh Toto Kope dan Penata Musik Mohammad Izat Gunawan. Sebuah Penampilan yang cukup menarik perhatian para Juri dan para Perserta di beberapa daerah Indonesia dalam event tersebut. Alhamdulillah Dalam kesempatan itulah, Teater Spontan meraih 5 nominasi, diantaranya adalah : Nominasi Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Pembantu Aktris Terbaik, Artistik Terbaik, Dan Aktris Terbaik. Tidak hanya itu, setelah pementasan di Semarang, Teater Spontan diajak kembali untuk mementaskan naskah tersebut tepatnya di ISI (Institut Seni Indonesia) Jogjakarta dan mendapatkan apresiasi yang sangat baik saat itu. 
Lawan Catur - Teater Spontan SMAN 1 Palu - Festival Drama Pelajar Nasional 10 Mei 2010 - Semarang
Lawan Catur - Teater Spontan SMAN 1 Palu - Festival Drama Pelajar Nasional 10 Mei 2010 - Semarang
Dan Tahun ini, Teater SPONTAN SMAN 1 Palu kembali mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi pada FESTIVAL DRAMA PELAJAR TINGKAT NASIONAL 2012 yang akan diselenggarakan pada Bulan Mei yang diadakan oleh Teater Gema IKIP PGRI Di Kota Semarang, Jawa Tengah. Teater Gema adalah unit kegiatan mahasiswa yang lahir dilingkungan kampus tersebut yang berdiri pada tahun 1987 dengan beberapa event yang selalu konsisten mereka selenggarakan, salah satunya FDPN ini.

“Dalam menjaga hubungan perkawinan, maka pasangan suami istri harus selalu menjaga kemesraan diantara mereka agar hubungan akan terus terjaga kebahagiannya dan dapat mempertahankan perkawinan sampai usia tua ; Dalam hidup ini bagaikan roda yang berputar. Kadang – kadang kita berada diatas, kadang – kadang pula kita bisa berada dibawah. Oleh karena itu, jika kita berada diatas maka perhatikanlah orang – orang yang ada dibawahmu, janganlah ber-onani sendiri”

 Kali ini, “Sepasang Merpati Tua” Karya Bakdi Soemanto merupakan pilihan naskah yang akan ditampilkan oleh Teater Spontan SMAN 1 Palu pada kesempatan tersebut dan disutradarai Oleh Ipin Cevin. Inilah beberapa peserta dari daerah lain yang sudah terdaftar dalam FDPN 2012 ini :

JAWA TENGAH
SMKN 2 Semarang (Teater Sukma)
SMKF NUSAPUTERA 2 Semarang ( Teater Insomnia)
SMK Duta Karya Kudus (Teater Apotek)
MAN Kendal (Teater Stesa)
SMA PIUS Purworejo
SMA N 1 Jepara (Teater Biassukma)
SMAN 15 Semarang (Teater Of Dream)
SMA MA’ARIF NU Banyumas (teater masa)
SMA N 1 Kliron Kebumen
Jawa Timur
SMA Muhammadiyah Gresik (Teater Extra)
SMAN 1 Kebomas Gresik (Teater Biru)
MA Unggulan Niatul Udzma Surabaya (Teater Satu)
Jawa Barat
SMAN 1 Leuwilang Bogor (Teater Gading)
Bali
SMAN 1 Denpasar (Teater Angin)
SMA Lab. Univ. Pend. Ganesha Singaraja (Teater Ilalang)
Nusa Tenggara Barat
SMAN 1 Mataram (Teater Smansa)
Kalimantan Barat
SMKN 3 Pontianak

Sulawesi Utara
SMAN 6 Manado
SMAN 4 Manado
SMA EBEN HAEZAR Manado
Minahasa Tenggara
SMAN 1 Tombatu
Gorontalo
SMAN 2 Limboto
Banjarmasin
MAN 2 MODEL BANJARMASIN (Tunas Banua)
PALU
SMA N 1 Palu (Teater Spontan)

7 Comments:

Iin Ainar Lawide said...

dan sudah saatnya Pemprov ataupun Pemkot, mau menengok Event Penting seperti ini...jangan sampai ada istilah "Makan Puji"
Berangkat dengan usaha dan upaya sendiri, setelah berhasil....para pembesar hanya sibuk menerima pujian yang sepatutnya tak layak untuk mereka terima .... Apa yang memberatkan bagi kalian untuk mensupport kreatifitas besar seperti ini????? Are you think about it???

Anonymous said...

Sebelah mata masih tertutup.. Peduli tanpa mengerti.. Kantong ajaib dengan nominal - nominal hitam.. BEGINI, INI, ITU SUDAH

fadlikhan said...

saya bangga menjadi orang palu
hanya itu yang dapat sya sampaikan :D

diliswarno said...

sukses buat teman2 spontan... sukses selalu.. bravo teater kota palu..

Ichsanul Amal said...

Tunjukan.....

Sagitarius Project said...

i love teater spontan :D

Adrian said...

harus terlahir para pemenang baru tahun ini, BUKTIKAN!!! KITA BISA!!!

Post a Comment

 
Arts Blogs
blog directory
;