Saturday, 10 December 2011

Saksikan Seniman Individu kota palu dalam Palu Contemporary

Masih dalam rangkaian kegiatan acara pada Festival  Teluk  Palu 2011, Palu Contemporary adalah salah satu yang dicanangkan menjadi event budaya dan pariwisata tahunan oleh Pemerintah Kota. Menyambut hal itu para seniman Kota Palu pun menggagas sebuah ruang apresiasi bagi karya-karya seni kontemporer selama satu dekade terakhir yang selalu mengalami berbagai kendala, baik secara finansial maupun kendala non-teknis lainnya. Menyurutnya event-event kesenian kontemporer di Kota Palu juga berpengaruh pada menurunnya produktifitas para seniman sehingga dalam satu dekade terakhir sulit dijumpai karya-karya kontemporer dari para seniman di kota ini. Memahami kondisi itu, Dinas dan Pariwisata Kota Palu selaku fasilitator dan dinamisator kebudayaan berusaha untuk mendorong dan menumbuhkan kembali ruang kreatif dan apresiasi bagi karya-karya seni kontemporer sebagai bagian dari pertumbuhan kesenian dan kebudayaan di daerah ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan berusaha untuk memfasilitasi terbangunnya event bagi karya seni kontemporer tersebut melalui pelaksanaan Festival Teluk Palu 2011 ini dengan menggagas Palu Contemporary.
Konsep event dari Palu Contemporary difokuskan pada karya-karya seni kontemporer dari para seniman individual dari beragam latar belakang medium seni, genre dan bentukan ruang presentasi mereka. Untuk itu dibutuhkan suatu studi mendalam terhadap konsep dan manajemen kreatif dari para seniman yang terlibat dalam program ini. Sebagai langkah awal, Palu Contemporary akan memfokuskan pembacaan kritis para seniman pada sebuah issue strategis yaitu Teluk, Kota dan Perubahan. Garis besarnya para seniman individu akan diundang untuk berpartisipasi dalam Palu Contemporary ini. Para seniman tersebut akan menggelar karya mereka sesuai dengan konsep dan bentuk karya mereka pada ruang dan lokasi di Kota Palu yang sesuai dengan konteks karya mereka.
Karena masih menjadi bagian dari pelaksanaan Festival Teluk Palu 2011, program Palu Contemporary akan dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 18 September 2011 yang digelar dibeberapa tempat dan lokasi, yang disesuaikan dengan konteks karya kontemporer masing-masing seniman individu dari beragam latar belakang medium seni dan genre. Salah satu tujuan yang diharapkan dari event palu contemporary ini nantinya bisa membangun ruang apresiasi bagi kehadiran karya-karya seni kontemporer di Kota Palu dan di Propinsi Sulawesi Tengah, dan menjalin kohesi sosial serta keberagaman seni budaya, khususnya bagi publik Kota Palu yang pluralistis. (Sumber: coord. Palu Contemporary)

0 Comments:

Post a Comment

 
Arts Blogs
blog directory
;